Teknologi

Teknologi

Teknologi itu diciptakan untuk mengubah dunia, untuk memahami dan meningkatkan taraf hidup kita.

Sehingga bisa memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi kita semua.

Teknologi itu hanyalah sebuah alat untuk menciptakan inovasi. Inovasi yang mampu memahami suatu permasalahan dan memberikan solusi yang efektif.

Esensi dari kemanusiaan adalah saling membantu satu sama lain. Teknologi telah mendukung mobilitas manusia, bukan semata hanya menyediakan perangkat mobile saja-Satya Nadella (CEO Microsoft).

Baca juga: Air Mata Hitam Veronica

Kata sederhana diatas memang mudah dipahami dan dapat disimpulkan bahwa “Teknologi adalah sarana pendukung” bagi manusia.

Teknologi 2
Foto Ilustrasi. Sumber : [Google]
Menjadi bertolak belakang bila kita melihat video-video yang belakangan viral tentang dampak negatif dari penggunaan , yang paling jelas adalah penggunaan gadget yang membuat seseorang kehilangan interaksi sosialnya.”Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Karena itu ini adalah salah satu penunjang kemajuan manusia.Di banyak belahan masyarakat, kecanggihan ilmu telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.Di lain pihak suatu kebijaksanaan ‘pintu yang lama sekali terbuka’ terhadap arus perkembangan kecanggihan asing, terutama dalam bentuk penanaman modal asing (PMA), justru menghambat kemandirian yang lebih besar dalam proses pengembangan kemampuan kecanggihan negara berkembang karena ketergantungan yang terlampau besar pada pihak investor asing, karena merekalah yang melakukan segala upaya kecanggihan yang sulit, dan rumit.Ini menjadi bukti bahwa memang kecanggihan sudah menjadi kebutuhan, dan merata di setiap sektor kehidupan manusia.

Terlebih setelah adanya penemuan komputer, dan laptop, yang sekarang hampir semua pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer ataupun laptop.

Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling mutakhir, dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.”

Akan tetapi secara tidak sadar kampanye tersebut menggunakan teknologi itu sendiri.

Berangkat dari kata mutiara Albert Einstein “I fear the day when technology overlaps our humanity. It will be then that the world will have permanent ensuing generations of idiots“.

Baca juga: OMK Pelopor Bermedsos Sehat

Dari ungkapan tersebut sepertinya menjelaskan bahwa hal ini yang membawa manusia ke arah generasi “idiot”.

Namun bagi saya, sebenarnya sebaliknya bahwa kitalah yang membawa generasi kita ke arah situasi tersebut.

Pada akhirnya manusia-lah yang menentukan dan yang menilai apakah kedepan generasi dunia kedepan menjadi generasi ‘idiot’.

Dan kesadaran manusia ditantang untuk segera muncul ditengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Salam [26 Mei 2016]

 

2 thoughts on “Teknologi

  1. Pingback:Jalan Panjang Pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *