JOKOWI, PRESIDEN TAK BERKACAMATA BAG. 3

PEMBUKAAN KTT ASIA AFRIKA 2015
Sumber: http://www.globalindonesianvoices.com

Pembangunan dan Pemberdayaan
Kelompok anak juga menjadi kelompok yang memerlukan perlindungan dan pemberdayaan. Pemerintah Jokowi juga membangun ruang-ruang untuk fasilitas tumbuh kembang anak di seluruh Indonesia diantara dengan mendirikan 466 forum anak, 87 unit pusat kreativitas anak, 719 unit puskesmas ramah anak, 81 unit pusat pembelajaran keluarga, dan 10.210 unit sekolah ramah anak. Hal ini terlihat dengan jumlah kota/kab layak anak yang mencapai 343 di tahun 2017.

 

Jokowi terus berakselerasi, dalam pembangunan ia juga mengeluarkan paket kebijakan di bidang Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial. Upaya ini untuk memberikan hak dan akses lahan kepada masyarakat kurang mampu dengan total capaian Sertipikasi Tanah Masyarakat 9.491.557 bidang per Oktober 2018.

 

Keberpihakan
Salah satu sektor yang sangat menonjol kemajuannya ialah pedesaan. Kebijakan memajukan masyarakat desa mampu mengubah paradigma desa yang tertingga dan jauh dari modernisasi. Memanfaatkan Dana Desa di efektifkan dengan menunjang kegiatan produktif seperti pembangunan infrastuktur fisik desa dan usaha (BUMDes) serta menunjang kualitas hidup seperti mendirikan layanan kesehatan dan pendidikan.

 

Pengoptimalan tata kelola dana desa juga dilakukan dengan mempersingkat mekanisme pencarian Dana Desa, peningkatan mekanisme pendampingan dan pengawasan Dana Desa serta meningkatkan afirmasi untuk desa tertinggal. Disisi lain, menciptakan lapangan kerja desa terus dilaksanakan dengan Kegiatan Padat Karya Tunai Desa yang telah menciptakan 80.313 Hari Orang Kerja (HOK) dan sebanyak 9,86 miliar telah diberikan kepada masyarakat desa.

ilustrasi-dana-desa
Sumber: google

 

Dalam konteks keberpihakan pada kesejahteraan Veteran dan Pensiunan PNS, pemerintahan Jokowi juga memberikan kenaikan tunjangan 5% bagi para pensiunan PNS dengan total pengalokasian anggaran sebesar 76,15 triliun pada tahun 2016.

 

Pemerataan Pembangunan Wilayah
Ada banyak kebijakan Jokowi terkait pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Menjadi menarik ketika Jokowi mencanangkan program khusus yang bertujuan menembus keterisolasian rakyat.

Diantara pembangunan jalan untuk memperpendek waktu tempuh, membuka pelabuhan dan bandara di kawasan perbatasan, membangun 21 SPBU di kabupaten perbatasan dan meningkatkan akses data di desa-desa perbatasan yang sudah mencapai 137 Desa di tahun 2018.

 

Kebijakan yang tidak populer tapi menjadi perbincangan masyarakat juga muncul dari kebijakan Jokowi dengan program Mewujudkan BBM Berkeadilan. Hal ini bertujuan memastikan ketersediaan energi terjangkau  memalui program BBM satu harga.

17 titik kawasan Nusa Tenggara Timur menjadi daerah yang merasakan program ini (kisaran sebelumnya 12rb-100rb), disusul Pulau Kalimantan dengan 15 titik (kisaran sebelumnya 8rb-40rb).

 

Membangun Papua
Isu Jawa sentris pun mulai ditinggalkan, pasca Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan tidak populis dengan konsen membangun kawasan Papua dan Papua Barat dengan meningkatkan kualitas SDM seperti layanan pendidikan dan kesehatan.

 

Tercatat meningkatnya Angka Harapan Lama Sekolah dari 5,74 pada 2013 menjadi 6,27 di tahun 2017 serta meningkatnya PDRB per-kapita tanpa tambang yaitu mencapai angka 37,52 (juta rupiah) pada 2017, dimana sebelumnya hanya mencapai 24,60 di tahun 2013.

 

Perdamaian
Di kancah internasional Jokowi berperan aktif dalam upaya perdamaian. Palestina salah satu negara yang menjadi konsentrasi Indonesia dengan menolak status Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Indonesia juga berperan mendesak PBB terhadap status quo Yerusalem. Di bidang ekonomi, Indonesia membebaskan biaya masuk kurma dan zaitun asal Palestina sejak 2018.

Flag-Pins-Palestine-Afghanistan
Sumber: google

Upaya perdamaian juga dilakukan pemerintah Jokowi kepada negara Afghanistan dengan mengadakan pertemuan triteral dengan Pakistan.

Indonesia juga memberi bantuan beasiswa, pelatihan polisi, pembangunan infrastruktur, pertukaran ulama, dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan. Serta menandatangani perjanjian pembangunan klinik “Indonesia Islamic Center” di Afghanistan.

 

Dagang & Kolaborasi
Mengenai perdagangan pemerintah Jokowi juga mengajak pembuat kebijakan fiskal dan moneter dunia untuk mengutamakan kolaborasi dibanding perang dagang. Tercatat manfaat sebesar 200 triliun investasi untuk BUMN dan di prediksi penerimaan pajak mencapai 800 miliar – 1 triliun.

 

Hal ini menjadi prioritas di IMF-World Bank Annual Meetings Indonesia untuk penguatan sistem moneter internasional, ekonomi dan keuangan digital, pembiayaan infrastruktur serta ekonomi keuangan syariah.

 

Pelayanan Publik
Komitmen melayani masyarakat Indonesia juga di tunjukan pemerintah Jokowi melalui perluasan akses layanan dan peningkatan kualitas layanan publik.

Dengan membangun sistem LAPOR! yang terintegrasi dengan 34 Kementerian, 97 Lembaga, 455 Pemda, 130 Kopertis/TNI, 116 BUMN, serta 130 Perwakilan Luar Negeri sudah menerima aduan sebanyak 1.392.982 laporan sepanjang September 2018.

 

Dan untuk pertama kalinya Indonesia meraih penghargaan tingkat dunia dari PBB (UN Public Service Award) pada tahun 2018 di Maroko terkait inovasi sistem Early Detection and Treatment (EDAT) malaria di Kabupaten Teluk Bintuni.

 

Olahraga

Tak kalah menarik prestasi dibidang olahraga yang berfokus membangun mentalitas juara. Indonesia pada perhelatan Asian Games mencatat sejarah baru dengan mengoleksi 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Catatan ini merupakan rekor terbaik Indonesia sepanjang sejarah ajang Asian Games.

 

Sumber Data: bkkbn.go.id